Potensi

MANISNYA GULA AREN

Bagi sebagian orang masih cenderung asing dengan gula yang satu ini. Gula aren sendiri merupakan jenis gula tradisional yang sudah ada sejak dulu. Lalu apa perbedaannya dari gula merah? jika gula merah dibuat dengan menggunakan sari dari pohon kelapa ataupun getah palma gula aren ini dibuat dari nira pohon enau yang proses pengolahannya dibuat secara tradisional.

Proses pembuatannya pun  juga seperti pembuatan gula merah yaitu dengan cara direbus. Cetakannya gula aren yang dibuat juga sama dengan gula merah yakni dicetak dengan menggunakan batok kelapa dengan ukuran separuhnya.  

Gula aren memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan juga, gula ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes karena gula aren tidak memiliki insulin yang berpengaruh pada penderita diabetes. Selain itu gula aren memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi daripada jenis gula lainnya. 

Perbedaan lain yang cukup mencolok antara gula merah dan juga aren adalah terdapat pada warnanya, warna gula aren cenderung lebih terang dengan warna yang kekuningan dan kemerahan dari pada gula merah atau jawa.  Sedangkan untuk tekstur fisiknya pun gula aren cenderung memiliki fisik yang lebih empuk dan jika mengukur tingkat kemanisannya, gula aren cenderung lebih manis.

Salah satu petani penyadap dan memproduksi gula aren adalah Sunadi warga RT 5 RW 2 Kampung Pesantren Bungkaran Desa Pagersari. Jika anda ingin merasakan manisnya gula aren khas Pagersari ini, jangan lupa pesan dulu karena terhitung barang istimewa dan banyak peminatnya.

Share :